Impian Ganjar Pranowo untuk Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia Lewat Teaching Industry

Minggu, 15 Oktober 2023 - 16:28 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Ganjar Soal Pendidikan, Singgung Pendapatan Guru dan Janji Naikkan Gaji Guru

Selain itu, Ganjar berharap bahwa siswa SMK juga akan mengembangkan keterampilan "soft skill," etika, dan kepribadian yang baik. Dengan demikian, diharapkan bahwa industri yang akan mempekerjakan mereka di masa depan akan merasa puas dengan kualitas tenaga kerja SMK di Indonesia.

"Jadi, di sini, mereka akan mengasah intelektualitas mereka dengan pengetahuan dan keterampilan yang kuat, dan juga membangun keterampilan emosional seperti berkomunikasi dengan baik, termasuk dengan orang tua," ujar Ganjar.

Sembilan perusahaan yang bergabung dalam Konsorsium Pengusaha Peduli Sekolah Vokasi RI memberikan dukungan konkret kepada tujuh sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Tengah untuk mengembangkan model SMK berbasis teaching industry.

“Alhamdulillah ini sudah ada kurang lebih 7 yang dibantu, ini bagus sekali dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing," ujarnya.

Ganjar menjelaskan, beberapa SMK di Jawa Tengah telah merasakan manfaat dari kerja sama ini selama periode 2021-2022. Di antaranya SMKN 2 Surakarta, SMKN 5 Surakarta, SMKN 6 Surakarta, SMKN 4 Surakarta, SMKN 8 Surakarta, SMK Mandala Bhakti Surakarta, SMKN 2 Sukoharjo, SMKN 3 Semarang, SMKN 2 Kendal, dan SMK Tunas Harapan Pati.

Menurut Ganjar Pranowo, keterlibatan pemerintah dan industri dalam perencanaan bersama ini adalah langkah yang tepat. Hal ini berarti bahwa kebutuhan tenaga kerja dari sektor industri dapat dipenuhi oleh sekolah vokasi dan SMK.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)