Bekali Mahasiswa dengan Teknologi Informasi Adalah Keniscayaan

Kamis, 15 Februari 2024 - 13:57 WIB
loading...
A A A
Strategi Tingkatkan Peminat
Dalam kesempatan tersebut Dekan juga menyatakan sejumlah strategi lain untuk meningkatkan kualitas lulusan serta mampu meningkatkan jumlah peminat di FEB UP.

Ia mengaku tugas yang diembannya kini cukup berat. "Ini amanah yang berat. Kelihatannya seperti enak jadi Dekan. Padahal kita itu pelayan. Harus memikirkan orang-orang di belakang saya. Bagaimana caranya? Caranya dengan meningkatkan jumlah mahasiswa. Tidak dapat dipungkiri pendapatan paling besar adalah dari mahasiswa sampai saat ini, " ucapnya.

Untuk itu ia mengungkapan sejumlah strategi, salah satu adalah membuka pembelajaran jarak jauh (PJJ). "Karena S1 manajemen dan akuntansi unggul maka diizinkan pemerintah untuk membuka kelas jarak jauh. Artinya mahasiswa dari Aceh hingga Papua bisa mengaksesnya, " ucapnya. Dalam waktu dekat pihaknya akan mengurus izin lalu dijalankan.

Hal menarik lain yang akan dilakukan adalah mengaktifkan media-media sosial di fakultas. "Walaupun sekarang bagus akan diaktifkan lagi. Caranya adalah mengaktifkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas atau penyelesaian kasus dan segalanya di videokan. Lalu diunggah akun youtube FE, " katanya. Sehingga orang akan mengetahui apa saja program di FE ada apa saja yang mahasiswa pelajari.

"Ini juga bagian dari promosi media sosial, nanti juga akan kita lombakan siapa yang view paling banyak dalam satu tahun, kita sediakan hadiah. Sehingga semua akan berminat untuk aktif di youtube kampus, " ucapnya.

Selain itu, ia akan merombak kurikulum agar bisa mengikuti perkembangan dan kebutuhan saat ini. "Kurikulum harus disesuaikan meskipun telah unggul. Sekarang kita ada di wilayah teknologi informasi yang pertumbuhannya begitu cepat. Jika masih menggunakan kurikulum lama maka masyarakat tidak akan tertarik lagi, " ucapnya.

Mahasiswa juga akan didorong untuk aktif kegiatan di luar. "Kita bangun kerja sama dengan magang, proyek independent, " katanya.

Ia juga akan mendorong dosen untuk aktif di luar, misalnya aktif menjadi praktisi, memiliki kantor konsultan di luar dan lain-lain. Dengan demikian akan terjadi pematangan di luar, sehingga mahasiswa tidak hanya mendapat materi secara teori, akan tetapi juga praktis yang berkembang begitu pesat."Pengalaman ini sangat penting bagi mahasiswa, " katanya.

Untuk meningkatkan mindset dan wawasan mahasiswa, Dekan juga merencanakan mengundang praktisi ke kampus. Misalnya pimpinan perusahaan, para akuntan yang bisa membuka mindset mahasiswa, untuk menghadapi bagaimana dunia kerja.

Agar FEB UP lebih dikenal masyarakat, ia juga akan bersinergi dengan para influencer dari alumni UP yang berhasil. "Promosi terbaik bukan dengan mengedarkan flayer di jalan. Tetapi promosi terbaik adalah dari orang yang mengalami pendidikan di kita, yakni mahasiswa dan alumni, " katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)